Terganggu? Ini Penyebab Layar Handphone Bergaris dan Cara Memastikannya


Gadgetren – Layar menjadi salah satu bagian yang sangat penting untuk handphone-handphone di masa sekarang. Sebagian besar perangkat soalnya mengandalkan komponen ini untuk pengoperasian.

Makanya bisa menjadi persoalan yang cukup serius ketika layar handphone milik kita bermasalah. Kita minimal akan disibukkan untuk mencari penyebab dan cara mengatasinya supaya bisa kembali normal.

Layar tiba-tiba bergaris termasuk di antara kasus yang sering terjadi oleh sebagian pengguna smartphone pada berbagai jenis panel. Walaupun dalam hal ini, bentuknya lumayan beragam karena bisa berbeda-beda mulai dari warna, posisi, ukuran, hingga jenis gangguannya.

Menyelesaikan masalah layar bergaris tentu bukan termasuk hal yang gampang untuk semua orang. Masing-masing kasus soalnya bisa mempunyai penyebab yang berbeda sehingga akan membutuhkan solusi berlainan sesuai dengan masalah yang dialami.

Secara umum, masalah layar bergaris bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari peranti lunak maupun keras handphone. Adapun beberapa di antaranya dapat disimak dengan seksama pada penjelasan berikut.

Penyebab Layar Handphone Bergaris

Aplikasi Atau Sistem Operasi Bermasalah

Masalah layar handphone yang tiba-tiba bergaris salah satunya dapat terjadi karena piranti lunak baik itu aplikasi maupun sistem operasi sedang bermasalah. Mulai dari bug pengembangan hingga ketidaksesuaian versi di antara keduanya bisa menjadi pemicu masalah ini.

Untuk mengeceknya, kita bisa menggunakan fitur screenshot dari handphone yang digunakan. Kemudian setelah itu mencoba membandingkan hasilnya dengan melihat gambar di perangkat lain.

Jika garis ikut muncul pada screenshot, maka bisa dipastikan bahwa masalah diakibatkan oleh aplikasi atau sistem operasi yang tidak berjalan dengan benar.

Untuk mengatasi permasalahan ini untungnya sedikit lebih mudah karena kita bisa melakukan pembaruan, memasang ulang, downgrade, atau reset pabrik handphone sebagai solusi yang bisa dicoba.

Temperatur Komponen yang Berlebihan

Jika ternyata gambar screenshot terlihat normal di handphone lain, kemungkinan masalah terjadi di sisi peranti keras. Salah satunya bisa dipicu karena perangkat sering terkena panas atau dingin secara berlebihan.

Suhu ekstrem biasanya akan menimbulkan artefak seperti layar bergaris. Panas berlebihan yang dihasilkan oleh komponen handphone misalnya bisa mengakibatkan terjadinya pemuaian lapisan kaca yang digunakan sehingga beberapa bagian panel tertarik dan rusak.

Garis-garis yang muncul di layar juga bisa menjadi pertanda adanya kerusakan panel tersebut. Coba tekan dengan hati-hati, nanti biasanya dapat pulih untuk sementara waktu jika masalah terjadi karena adanya pemuaian.

Mengganti panel tentu menjadi satu-satunya solusi permanen untuk masalah ini. Kalau bisa makanya lebih baik mencegah hal tersebut terjadi dengan tidak menggunakan handphone di bawah terik sinar matahari atau di kondisi terlalu dingin.

Selain itu juga mengurangi bermain game khususnya saat sambil mengisi baterai hingga berhenti memakai perangkat saat sudah terasa panas dan menunggunya hingga kembali dingin untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.

Konektor Atau Kabel Tidak Tersambung

Selain suhu yang berlebihan, persoalan layar handphone bergaris juga dapat diakibatkan oleh masalah sambungan antara panel dengan papan komponen utama. Misalnya disebabkan oleh kabel fleksi putus atau konektor terlepas baik sengaja atau tidak.

Kasus seperti ini biasa sering terjadi setelah handphone terjatuh atau pernah melakukan pergantian komponen layar. Untuk memastikannya, tidak ada cara selain kita perlu membawa perangkat ke tempat servis atau orang yang lebih ahli.

Namun sebelum ke sana, sebaiknya jangan sampai lupa untuk membuat cadangan data seperti saat ingin membeli perangkat baru untuk berjaga–jaga.

Melakukan reset handphone ke kondisi pabrik juga bisa dilakukan sebagai antisipasi agar berkas-berkas pribadi aman dan tidak disalahgunakan saat tengah diperbaiki.

Sudah Termakan Usia

Kasus layar handphone bergaris juga bisa disebabkan oleh umur pakai dari panel yang digunakan. Komponen elektronik apapun akan mengalami penurunan kemampuan jika dipakai secara terus-menerus khususnya setelah sekian lama.

Penurunan kemampuan ini kadang-kadang tidak terjadi secara serentak melainkan perlahan sedikit demi sedikit. Makanya bisa menimbulkan artefak seperti garis-garis di layar karena bagian panel tersebut tidak lagi bekerja maksimal sementara lainnya masih normal.

Namun nantinya lama kelamaan permasalahan layar akan semakin meluas hingga akhirnya layar benar-benar mati atau rusak. Namun tidak menutup kemungkinan terkadang juga layar akan tetap seperti itu. Pastinya kamu perlu bersiap untuk memperbaiki jika menemukan tanda-tanda tersebut.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *