iPhone 14 Vs iPhone 13 – Hanya Sedikit Peningkatannya


Gadgetren – Tidak ada banyak peningkatan yang dibawa oleh iPhone 14. Handphone baru Apple tersebut bahkan terlihat membawa spesifikasi hampir sama dengan iPhone 13 yang meluncur tahun 2021 silam.

iPhone 14 hanya membawa peningkatan di beberapa aspek saja. Termasuk di antaranya seperti kamera, fitur keselamatan, dan GPU (Graphics Processing Unit). Selain itu, handphone tersebut membawa spesifikasi yang benar-benar sama.

Namun, apakah beberapa peningkatan tersebut layak untuk dipertimbangkan untuk beralih ke handphone yang lebih anyar? Kamu yang penasaran dapat menyimak rincian mengenai perbedaan iPhone 14 dan iPhone 13 berikut.

Perbedaan iPhone 14 Vs iPhone 13

Jika dilihat secara sekilas, konfigurasi kamera yang diusung oleh iPhone 14 dan iPhone 13 memang terlihat cukup mirip. Keduanya sama-sama membawa lensa utama 12MP + sudut lebar 12MP di belakang serta selfie 12MP di depan.

Hanya saja sensor yang digunakan mempunyai sejumlah peningkatan. Kamera utama milik iPhone 14 dalam hal ini tercatat membawa ukuran dan bukaan rana lebih besar ketimbang apa yang ditawarkan oleh iPhone 13.

Apple iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

iPhone 14

Bagi kamu yang belum tahu, iPhone 14 mengusung sensor 1,9 mikrometer dengan bukaan f/1.5 sementara iPhone 13 hanya 1,7 mikrometer dengan bukaan f/1.6. Kamera dengan ukuran dan bukaan rana lebih besar umumnya dapat membuat pengambilan gambar menjadi lebih maksimal.

Dengan ukuran sensor dan bukaan rana lebih besar, kamera iPhone 14 bahkan diklaim lebih bisa diandalkan untuk berbagai macam skenario pencahayaan. Foto atau video yang dihasilkan pun bisa lebih detail, tajam, dan mempunyai noise sedikit.

Peningkatan kemampuan pengambilan gambar ini pun juga berlaku untuk kamera depan. Jika iPhone 13 masih menggunakan f/2.2, iPhone 14 soalnya sudah mempercayakan kemampuan swafoto kepada sensor dengan bukaan f/1.9.

Ditambah lagi, Apple pun menyematkan dukungan baru bernama Photonic Engine. Fitur ini memungkinkan peningkatan dramatis pada kualitas gambar yang dihasilkan bahkan untuk kondisi cukup atau bahkan kurang cahaya.

Apple juga memperkenalkan Action Mode baru untuk menunjang kemampuan perekam gambarnya. Dukungan baru ini dijanjikan dapat membuat video menjadi terlihat lebih stabil dengan guncangan yang sedikit.

iPhone 13

iPhone 13

Membahas fitur baru, iPhone 14 pun juga memperkenalkan dukungan keselamatan bernama Emergency SOS via Satellite dan Crash Detection. Keduanya dirancang untuk memberikan bantuan darurat saat kondisi genting.

Emergency SOS via Satellite memungkinkan handphone tetap bisa mengirimkan sinyal ke layanan darurat meskipun sedang berada di luar jangkauan seluler atau Wi-Fi. Sayangnya, fitur ini baru akan tersedia secara terbatas di Amerika Serikat dan Kanada.

Sementara Crash Detection yang ada di lini iPhone 14 memungkinkan handphone mendeteksi tabrakan mobil yang parah. Bahkan secara otomatis akan menghubungi layanan darurat saat pengguna tidak sadarkan diri atau tidak dapat menjangkau perangkat mereka.

Yang cukup disayangkan, iPhone 14 kembali menggunakan Apple Bionic 15. Walaupun dalam hal ini model yang dipakai mempunyai GPU dengan 5 buah inti sehingga akan sedikit lebih bertenaga ketimbang iPhone 13 yang hanya 4 buah inti.

Apple percaya bahwa Bionic 15 masih lebih cepat dibandingkan chipset lain di kelasnya. Apalagi, versi yang digunakan pada iPhone mempunyai GPU dengan 5 buah inti di mana memungkinkan pengolahan grafis lebih baik untuk video maupun game berat.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.